Banyak yang menduga bahwa dengan tingginya harga hunian dari tahun ke tahun, akan membuat generasi milenial tak akan bisa memiliki rumah.

Apalagi di umur muda banyak orang yang kesulitan menerapkan pola dan gaya hidup hemat.
Namun, dugaan di atas tidak sepenuhnya benar. Karena untuk bisa membeli rumah bukanlah sebuah hal mustahil jika memiliki tips dan cara yang efektif.
Meskipun harga rumah di setiap tahun pasti meningkat hingga harganya selangit, menabung tetap menjadi solusi untuk membeli rumah yang paling baik.


Lalu, bagaimana caranya beli rumah di umur Muda? Penasaran? Simak tips dan cara jitu berikut ini!


Membulatkan Tekad


Niat menjadi awalan paling baik untuk memulai segala sesuatu, termasuk menabung. Ada baiknya untuk membulatkan tekad dan niat dengan menetapkan target yang ingin dituju.


Membeli rumah bukanlah hal yang mustahil jika Anda sudah membulatkan tekad, dengan membuat rencana keuangan secara detail.


Hal tersebut dapat efektif membulatkan tekad Anda karena dengan membuat perencanaan mau tidak mau, akan menjauhkan Anda dari segala pengeluaran yang kurang efisien.


Selain itu, dengan tekad yang bulat, saat nanti sudah mulai berjalan Anda tidak akan mampu tergoda dan menjadi bijak dalam menggunakan uang.


Memiliki Dua Rekening


Pastikan Anda memiliki dua rekening bank yang berbeda saat mulai menabung untuk beli rumah. Hal ini dapat membantu mengontrol pengeluaran Anda secara spesifik.


Dengan memiliki dua rekening, Anda bisa memisahkannya berdasarkan tabungan untuk keperluan sehari-hari dan satu lagi untuk tabungan rumah serta biaya darurat.


Anda pun harus memberikan pengawasan yang ketat pada tabungan untuk membeli rumah, agar bisa memenuhi target yang diinginkan atau bahkan melampauinya.


Menabung di Awal Bulan


Menabung di awal bulan menjadi cara jitu yang selanjutnya. 


Saat Anda menerima gaji, pastikan untuk tidak langsung membelanjakannya sekaligus, tapi pisahkan sebagian gaji untuk ditabung.


Sebab biasanya jika Anda menabung pada akhir bulan terutama jika mengandalkan sisa gaji saja, maka uang yang disetorkan ke tabungan pun akan selalu bersifat dinamis, tidak terencana dan fluktuatif dari kondisi keuangan Anda saat itu.


Anda bisa menabung sebesar 20% dari gaji yang kemudian disisihkan pada rekening tabungan yang berbeda.


Hal tersebut akan sangat membantu Anda untuk fokus menargetkan tabungan untuk membeli rumah dengan mudah. 


Investasi


Investasi adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk menambah pemasukan untuk beli rumah. 


Anda bisa mulai mencari informasi mengenai investasi dimulai dari investasi emas, reksadana, deposito, investasi properti hingga investasi peer to peer lending.


Anda bisa belajar berinvestasi dimulai dari hal yang sepele dan mencoba memulainya dengan dana yang minim. 


Pastikan untuk mencari tahu kekurangan dan resiko saat hendak memulai investasi.


Jika dirasa menemukan keraguan, lebih baik Anda segera berkonsultasi dengan jasa profesional untuk memberikan solusi.

Baca Juga : 3 Tips Memilih Pengembang Properti Terpercaya


Hindari Utang dan Terapkan Gaya Hidup Hemat


Mengingat tingginya harga rumah dari waktu ke waktu membuat Anda wajib menerapkan langkah krumurl seperti menghindari utang dan menerapkan gaya hidup hemat.


Untuk mempermudah keinginan memiliki rumah, sebaiknya Anda menghindari berhutang dalam bentuk apapun, sehingga Anda akan terus fokus menabung dan tidak memikirkan tunggakan atau bunga.


Begitupun dengan gaya hidup hemat, yang harus Anda terapkan demi mempercepat mewujudkan impian membeli rumah.


Anda bisa melakukan penghematan dengan cara yang sepele seperti membuat rancangan biaya pengeluaran dalam sebulan, hingga memangkas berbagai pengeluaran yang dinilai kurang efektif.


Pastikan untuk mengutamakan kebutuhan daripada keinginan dengan sikap disiplin yang tinggi.


Hal yang terakhir harus Anda terapkan untuk menghindari utang dan menerapkan pola hidup hemat adalah memiliki komitmen yang jelas agar dapat sesegera mungkin mendapatkan hunian yang diinginkan.


Nah
, itulah beberapa tips dan cara jitu menabung untuk beli rumah di Usia muda. Tentu saja dalam prosesnya memang tidaklah mudah. 


Namun semoga informasi di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda dalam mewujudkan keinginan membeli rumah.

Baca Juga : Ingin Mengajukan KPR Rumah? Ini Syarat yang wajib dipenuhi saat kredit

Author :
Atuy Sebastian Al Haq