4 Tips Memilih Furniture untuk Rumah Minimalis Type 36

Aliran minimalis biasa diterapkan masyarakat di Jepang. Namun, kini sebagian orang di dunia membawa aliran minimalis ini dalam mendekorasi rumah mereka. Mengutip Zen Habits, rumah dengan aliran minimalis memiliki manfaat bagi penghuninya.

Pertama, tingkat stres penghuni berkurang. Stres bisa dipicu dari ‘gangguan’ visual. Rumah dengan minimalis pastinya tidak menimbulkan gangguan visual seperti banyak warna, pola. Rumah Minimalis Type 36 menenangkan.

Manfaat lainnya lebih menarik, tidak mudah berantakan, dan mudah dibersihkan. Tentu untuk menghindari gangguan visual, berantakan maka dari segi furniture pun Bunda harus picky. Berikut ini lima tips memilih furniture untuk Rumah Minimalis Type 36.

  • Pilih warna solid, senada dengan ruang

    Warna-warna terang seperti putih dan netral, abu-abu dan pastel itu intrinsik untuk Rumah Minimalis Type 36. Meskipun Bunda dapat menambahkan warna yang lebih cerah, disarankan Bunda tetap menggunakan satu atau dua warna saja.

    Direktur seni freelance dan fotografer yang berpusat di Stockholm, Sara Medina, memberi tipsnya untuk mendapatkan tekstur minimalis yang tepat. “Jika Anda mencampurkan terlalu banyak tekstur, bahan, dan permukaan dari semua warna yang berbeda, hasilnya pasti akan menimbulkan sakit kepala,” katanya dilansir MyDomaine.

    “Jika Anda memiliki alas putih, maka pilih warna krem, abu-abu, dan cokelat yang serupa atau warna apa pun yang akan Anda lihat bersama di alam. Umumnya, warna yang menyatu dengan baik adalah yang dimaksudkan oleh Mother Nature,” sambung Medina.
  • Pilih sesuai esensi

    Ingat pemilihan furniture hanya yang penting saja. Tanyakan pada diri Bunda apakah barang itu benar-benar penting. Jika Bunda bisa hidup tanpanya, maka jangan dibeli. Rumah Minimalis Type 36 hanya akan berisi beberapa perabot penting.

    Sebuah ruang tamu, misalnya, mungkin hanya memiliki sofa, meja kopi, televisi, dan beberapa lampu. Bahkan bisa mengandung lebih sedikit furniture. Kamar tidur mungkin memiliki tempat tidur sederhana (atau bahkan hanya kasur), meja rias, dan mungkin rak buku atau lemari.
  • Multifungsi

    Menurut arsitek freelance Nur Hikmah, ST, untuk furniture Rumah Minimalis Type 36 sebisa mungkin dimaksimalkan fungsi atau kegunaannya. “Meja tempat penyimpanan, kursi yang multifungsi, ukuran furniture yang pas, tidak terlalu banyak embel-embel ukiran, ergonomis,” kata Dede,
  • Pilih yang berkualitas

    Untuk mewujudkan rumah dengan aliran minimalis, Bunda perlu menekankan prinsip membeli kualitas melebihi kuantitas. Jadi pilih furniture atau perabot yang tahan lama dan modelnya timeless. Pilih furniture yang dibuat dengan baik dan akan bertahan bila digunakan sehari-hari.
    Sumber haibunda.com

Temukan rumah idaman minimalis anda dengan harga murah di Graha Idaman